6 Cara Diet tanpa Olahraga, Efektif dan Ampuh Turunkan Berat Badan

Jakarta – Diet merupakan cara yang digunakan untuk mengatur pola makan yang sehat. Diet juga menjadi satu di antara cara yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, diet ialah aturan makanan khusus untuk kesehatan dan sebagainya (biasanya atas petunjuk dokter).

Memiliki bentuk tubuh yang ideal dan proporsional mungkin menjadi dambaan banyak orang. Namun, untuk bisa mewujudkannya bukan perkara mudah. Banyak orang yang menyerah di tengah jalan saat menjalankan program diet.

Setiap orang yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal biasanya melakukan diet dengan cara olahraga secara rutin. Akan tetapi, ada beberapa cara diet tanpa olahraga. Hal tersebut biasanya dilakukan oleh orang-orang yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga.

Berikut ini beberapa cara diet tanpa olahraga yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, dilansir dari laman Masakapahariini, Kamis (7/7/2022).

1. Mengurangi Konsumsi Gula

Perlu diketahui, tidak semua yang manis itu baik, satu di antaranya gula. Bahkan, gula disebut-sebut sebagai “the new morphine” karena sering bikin candu, tetapi punya efek berbahaya bagi tubuh.

Mengonsumsi fruktosa dalam jumlah banyak akan membuat seseorang terus merasa ingin makan, meski tidak lapar.

Dalam mengurangi gula tak hanya pada makanan manis, tetapi juga pada makanan berkabohidrat seperti nasi dan tepung-tepungan.

Kurangi makanan dengan karbohidrat simpel tersebut dan beralih ke karbohidrat kompleks seperti umbi-umbian, kacang-kacangan, dan gandum.

2. Atur Porsi Makan

Jika belum bisa meninggalkan makanan favorit, Anda bisa mengatur porsinya. Kurangi setengah dari porsi makan Anda, lalu kunyah lebih lama. Mengunyah lebih lama diyakini dapat mengeyangkan.

Selain itu bisa juga dengan cara menggunakan piring kecil saat makan. Jadi, makanan yang akan terlihat menumpuk jika kita ambil terlalu banyak.

Secara psikologis, kita akan mengambil porsi makan lebih sedikit jika menggunakan piring kecil karena mengikuti ukuran piring tersebut.

3. Atur Waktu Makan

Selain porsinya, penting juga mengatur waktu makan. Perut kita juga perlu waktu-waktu tertentu untuk beristirahat.

Mengatur waktu makan sudah sejak lama dianjurkan untuk memperbaiki sistem pencernaan. Tren yang saat ini banyak dilakukan ialah intermittent fasting, yakni hanya makan di waktu tertentu.

Praktiknyanya seperti berpuasa, tetapi kita bisa mengatur jamnya. Pengaturan jam bisa bervariasi. Ada aturan 16:8 yakni kita berpuasa selama 16 jam dan boleh makan selama delapan jam.

Ada pula aturan jendela 5:2 yakni kita mengonsumsi 500 gr makanan dalam dua hari, selebihnya kita makan dengan normal.

Diet ini juga dapat menekan resistensi insulin atau menurunkan gula darah sehingga bisa mencegah diabetes.

4. Memperbanyak raw food

Diet raw food adalah diet yang hanya memperbolehkan seseorang mengonsumsi makanan mentah atau minim olahan. Misalnya buah-buahan dan sayuran mentah.

Jika diolah, makanan tidak boleh dipanaskan lebih dari 40-48 Celcius. Hal tersebut untuk menjaga nutrisi dari makanan tersebut sehingga lebih bermanfaat untuk tubuh.

Dengan melakukan diet raw food, seseorang tidak akan menyantap gorengan, tepung-tepungan, bahkan gula dan garam.

Berat badan bisa menyusut dengan cepat tanpa olahraga. Sebagai gantinya, Anda tetap bisa mengonsumsi kacang-kacangan, susu, dan tentu saja sayuran dan buah.

5. Kurangi Konsumsi Garam

Jika diet raw food terlalu sulit, kAnda bisa mencoba diet garam atau populer dengan sebutan diet mayo. Garam mengikat air dalam tubuh sehingga diet ini dapat menyeimbangkan kadar air dalam tubuh.

Namun, diet mayo sendiri tidak disarankan dilakukan dalam jangka waktu panjang. Biasanya, diet mayo hanya dilakukan maksimal 13 hari.

Diet mayo juga tidak berarti hanya mengurangi garam, tetapi memperbanyak sayuran dan mengurangi makanan manis.

Diet garam bisa membuat kita lemas karena kurang karbohidrat. Kita bisa melakukannya sedikit demi sedikit, misalnya dengan mengurangi makanan olahan seperti sosis, nugget, dan bakso yang mengandung banyak garam.

6. Perbanyak Minum Air Mineral

Air mineral sangat penting bagi tubuh. Air mineral membantu metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja ginjal, membuang racun yang masuk tubuh, membuat kulit tampak lembut dan cerah, dan membantu meningkatkan kinerja otak.

Selain itu, air mineral dapat menjadi cara diet cepat dan alami dalam menurunkan berat badan. Beberapa trik yang bisa Anda lakukan, misalnya sebelum makan minum satu gelas air mineral supaya perut menjadi kenyang dan porsi makan Anda akan berkurang.

[ Terimakasih Telah Membaca Artikel Kami ]

Apakah Anda Tertarik Produk Stainless Steel? Kami siap membantu!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.